Pengaruh Konseling terhadap Motivasi pada Pasangan Usia Subur Umur 30-50 Tahun dalam Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dengan Pemeriksaan Test Inspeksi Visual Asetat di Puskesmas Melong Tengah Kota Cimahi


Halaman : 10 – 19

Penulis : Siti Nuraeni Widiawati, R. Noucie Septriliyana, Mimin Rukmini

Edisi : Volume II Nomor 2 Juli 2016

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Siti Nuraeni Widiawati, R. Noucie Septriliyana, Mimin Rukmini

ABSTRAK

 

Kanker leher rahim merupakan masalah yang dapat menyebakan beban besar bagi negara dengan kasus yang menunjukkan peningkatan di beberapa daerah setiap tahunnya. Kanker yang sering menyerang perempuan ini ditimbulkan oleh virus HPV dengan perjalanan penyakit yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konseling terhadap motivasi pada PUS umur 30-50 tahun dalam deteksi dini kanker leher rahim dengan pemeriksaan Test IVA di Puskesmas Melong Tengah Kota Cimahi.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan One Grup Pre Test Post Test. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 38.  Pengambilan sample dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang mengukur motivasi dari 3 aspek yaitu pengaturan diri terhadap perlakuan, persepsi kemampuan, dan iklim pelayanan kesehatan yang diambil dari Self Determination Theory.Data bivariat diolah secara statistik dengan menggunakan Uji T test dependent.

Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden mempunyai motivasi rendah sebelum dilakukan konseling (55,3 %), dan setelah diberikan konseling sebagian besar reponden memiliki motivasi tinggi (52,6 %). Ada perbedaan mean sebelum (59,74) dan sesudah (69,97) konseling deteksi dini kanker leher rahim dengan Test IVA dengan p value = 0,000.

Dari hasil penelitian ini diharapkan Puskesmas Melong Tengah dapat meningkatkan upaya untuk meningkatkan cakupan deteksi dini kanker leher rahim dengan Test IVA. Selain itu penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi BPM untuk meningkatkan pelayanan konseling kepada klien, baik dalam pelayanan deteksi dini kanker leher rahim maupun dalam pelayanan lainnya dalam rangka meningkatkan motivasi klien untuk berpeilaku sehat.

 

Kata Kunci            : Konseling, Motivasi, PUS, IVA Test


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *