Hubungan Riwayat Kelahiran Berat Bayi Lahir Rendah dengan Pertumbuhan Anak Usia Balita


Halaman : 59 – 67

Penulis : Uki Nengsih, Noviyanti, Dedi S. Djamhuri

Edisi : Volume II Nomor 2 Juli 2016

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Uki Nengsih, Noviyanti, Dedi S. Djamhuri

ABSTRAK

 

BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) adalah bayi yang lahir dengan berat  < 2.500 gram    tanpa  memandang usia kehamilan.  Di Kabupaten Bandung pada tahun 2015  tercatat 725 kasus kelahiran BBLR dan  81 anak diantaranya meninggal.  BBLR  umumnya akan mengalami resiko lebih tinggi  untuk meninggal pada usia balita  dan  BBLR yang bertahan hidup dalam  lima tahun pertama akan mempunyai resiko lebih  tinggi mengalami gangguan pertumbuhan. Jika dalam masa  ini anak mengalami gangguan pertumbuhan, maka akan berakibat buruk pada kehidupan berikutnya. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui  Hubungan Riwayat Kelahiran BBLR  dengan Pertumbuhan  Anak Usia Balita.

Metoda  yang digunakan merupakan penelitian survey analitik dengan rancangan case control. Jumlah sampel  sebanyak 24 anak yang mengalami gangguan pertumbuhan sebagai kasus ditambah 24 anak dengan  pertumbuhan normal sebagai kontrol, dicuplik dengan cara simple random sampling.  Jadi jumlah seluruh sampel adalah 48 anak. Pengumpulan data primer diperoleh dengan  wawancara pada  ibu balita dan data sekunder diambil dari laporan SDIDTK. Analisis yang digunakan adalah  analisa univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi  dan analisa bivariat untuk melihat hubungan (chi square)  antara variabel bebas dengan variabel terikat serta besarnya hubungan (OR).

Hasil penelitian didapatkan dari 24 responden yang mengalami pertumbuhan tidak normal, sebanyak 54,2%memiliki riwayat  kelahiran BBLR dan dari 24 responden yang pertumbuhannya normal 83,3% tidak memiliki riwayat kelahiran BBLR.Hasil uji statistik diperoleh hasil P value = 0,016 < 0,05 dengan  OR = 5,909 dan CI  = 95% CI: 1,546sampai 22,580.Kesimpulannya terdapat Hubungan antara riwayat kelahiran BBLR dengan pertumbuhan anak usia balita di wilayah kerja PKM Rancaekek DTP Tahun 2015.

Disarankan bagi bagi Puskesmas Rancaekek DTP agar melakukan upaya preventif sehingga kejadian BBLR dapat dicegah serta balita yang saat ini mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan dapat terus didampingi dan dievaluasi  sehingga pertumbuhan dan perkembangannya menjadi normal .

 

 

Kata kunci : riwayat BBLR, pertumbuhan anak usia Balita


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.