Hubungan antara Pengetahuan, Status Gizi dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester III di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Saladagedang Kabupaten Majalengka Tahun 2016


Halaman : 1-9

Penulis : Leli Laelasari, Lia Natalia

Edisi : Volume II Nomor 2 Juli 2016

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Leli Laelasari, Lia Natalia

ABSTRAK

 

Anemia dalam kehamilan merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Kejadian anemia pada ibu hamil di UPTD Puskesmas Salagedang tahun 2015 sebanyak 85 orang (30,58%) dari 278 ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, status gizi dan kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil trimester III di wilayah kerja UPTD Puskesmas Salagedang Kabupaten Majalengka pada bulan Maret tahun 2016 yaitu sebesar 51 orang dan sampel yang diambil sebesar 51 orang atau total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data meliputi analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square dengan α = (0,05).

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III (p=0,037). Tidak ada hubungan antara status gizi dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III (p=0,065). Ada hubungan antara kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja UPTD Puskesmas Salagedang Kabupaten Majalengka Tahun 2016, dengan nilai p=0,013

Saran diajukan bagi petugas kesehatan diperlukan strategi lain dalam merencanakan program penyuluhan kesehatan pada umumnya melalui kegiatan konseling secara rutin, penambahan sarana prasarana informasi, serta melakukan tes HB pada setiap kunjungan kehamilan. Ibu hamil secara rutin memeriksakan kehamilannya dan melakukan tes HB untuk mendeteksi adanya kelainan yang membahayakan ibu dan janinnya dan menambah pemahaman tentang penyakit anemia.

 

Kata Kunci            :  Pengetahuan, Status Gizi, Tablet Fe, Anemia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *