Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Lama Persalinan di RSUD’45 Kuningan Jawa Barat Tahun 2015



Evi Soviyati

ABSTRAK

Kehamilan dan persalinan merupakan suatu proses alamiah pada setiap mahluk hidup. Masalah persalinan terjadi ketika wanita hamil memasuki fase persalinan. Partus lama merupakan salah satu penyebab kematian ibu sebesar 8% di dunia dan 9% di Indonesia. Faktor lamanya persalinan yang terjadi pada kala II merupakan fase tersulit dari persalinan, apabila  berlangsung terlalu lama akan timbul gejala – gejala seperti dehidrasi, infeksi, kelelahan ibu serta asfiksia dan kematian janin dalam kandungan / Intra Uterin Fetal Death. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan lama persalinan di RSUD’45 Kuningan Jawa Barat tahun 2015.

Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survei analitik dimana rancangan penelitiannya adalah coss sectional. Sampel dalam penelitian ini dengan melakukan pemilihan tidak berdasarkan peluang (non-probability sampling).Pengumpulan data dilakukan dengan mendapatkan data secara primer yaitu  dengan kuesioner dan data sekunder dengan melihat file observasi lembar partograf. Analisis data dilakukan dengan cara analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square dan multivariat dengan menggunakan regresi  logistik.

Hasil penelitian berdasarkan analisis bivariat yang terdapat hubungan dengan lama persalinan  adalah aktivitas fisik rumahtangga (83,7%), aktivitas fisik olahraga (85,4%), kekuatan ibu (power)(84,1%), penumpang (passanger)(68,7%), posisi (position) (64,5%), psikologi (physicologi) (82,1%), pendidikan (85,7%) dan paritas ibu (85,1%). Untuk hasil analisis multivariat variabel yang dominan dengan lama persalinan adalah variabel psikologi (phsycology) dengan nilai OR sebesar 3,443. Yang berarti variabel psikologi memiliki peluang sebesar 3,443 kali dibandingkan dengan variabel yang lain terhadap lama persalinan.

Simpulan : terdapat hubungan antara aktivitas fisik rumahtangga, aktivitas fisik olahraga, kekuatan ibu (power),penumpang (passanger), posisi (position), psikologi (physicologi), paritas dan pendidikan terhadap lama persalinan. Faktor yang paling dominan terhadap lama persalinan adalah psikologis (physicologi)

 

Kata kunci : ibu bersalin, lama persalinan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.