Efektifitas Baby Spa terhadap Lama Tidur Bayi Usia 3-4 Bulan di Bidan Praktik Mandiri Siti Fatimah Kota Cimahi Tahun 2016


Halaman : 74 – 80

Penulis : Siti Rohmah, Indria Astuti, Yeni Rosyeni

Edisi : Volume II Nomor 2 Juli 2016

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Siti Rohmah, Indria Astuti, Yeni Rosyeni

ABSTRAK

 

Baby spa merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghilangkan ketegangan dan perasaan gelisah terutama pada bayi. Pijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-otot dan menurunkan hormon adrenalin sehingga tidurnya nyenyak.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah ada efektivitas baby spa terhadap lama tidur bayi usia 3-4 bulan di bpm bidan siti fatimah kota cimahi tahun 2016. Desain penelitian ini adalah Quasi eksperiment dengan pendekatan Intact- Group Comparison Postest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bayi yang usia 3-4 bulan di bpm bidan Siti Fatimah Kota Cimahi. Teknik pengambilan sampel adalah quota sampling dengan sampel sebanyak 34 di bagi menjadi 2 kelompok 17 bayi yang dilakukan baby spa dan 17 bayi yang tidak dilakukan baby spa.

Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan melalui 2 tahap univariat dan bivariat untuk melihat pengaruh dengan menggunakan uji statistik Uji independen t- test.

Hasil penelitian didapatkan bahwa dari seluruh responden sebanyak 34 responden 17 yang dilakuan baby spa, rata-rata waktu dalam jam kualitas tidur bayi adalah 15.5 /jam sehari setelah dilakukan baby spa. 17 responden yang tidak dilakuan baby spa, rata-rata waktu dalam jam kualitas tidur bayi adalah 13.0 jam /hari .Hasil uji statistik bahwa ada  efektivitas baby spa terhadap kualitas tidur bayi usia 3-4 bulan  di bpm bidan siti fatimah kota cimahi tahun 2016. Dengan nilai P value 0.000 < α = 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara efektifitas baby spa terhadap lama tidur bayi.

Diharapkan bidan dapat memberikan informasi, pengetahuan dan penyuluhan pada ibu mengenai pentinya baby spa terhadap bayi.

 

Kata kunci: Efektifitas, Baby spa dan Lama tidur


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *