Asuhan pada Ibu Hamil Trimester I dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat I


Halaman : 50– 58

Penulis : Marliana Rahma, Tita Restu Safura

Edisi : Volume II Nomor 2 Juli 2016

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Marliana Rahma, Tita Restu Safura

ABSTRAK

 

Sekitar 50 – 90% dari seluruh kehamilan disertai dengan mual dan muntah. Menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 360 wanita hamil, hanya 2% mengalami mual di pagi hari, sedangkan 80% keluhan persisten sepanjang hari. Puncaknya pada sekitar 9 minggu kehamilan (trimester I). Pada usia kehamilan 20 minggu gejala hiperemesis biasanya berhenti. Namun, hingga 20% dari kasus, mual dan muntah dapat terus sampai melahirkan. Menurut jurnal J Indon Medicine Assocciated tahun 2011 dalam penelitiannya menjelaskan bahwa mual dan muntah pada kehamilan biasanya dimulai pada kehamilan minggu ke-9 sampai ke-10, memberat pada minggu ke-11 sampai ke-13 dan berakhir pada minggu ke-12 sampai ke-14. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka menjadi penting untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester I.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester I dengan hiperemesis gravidarum tingkat I  melalui pendekatan manajemen Varney. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan strategi pendekatamstudi kasus. Lokasi penelitian di RB “ I” Kota Bandung. Waktu penelitian pada bulan Maret sampai dengan April 2016. Subjek peneitian adalah Ny. T usia 18 tahun.

Hasil penelitian : asuhan diberikan berdasarkan kajian mendalam yang telah dilakukan mengenai hiperemesis gravidarum kemudian dimplementasikan dalam asuhan melalui pendekatanVarney, dimulai dari pengumpulan data dasar, interpretasi data, identifikasi diagnosis atau masalah potensial, tindakan segera dan kolaborasi, menyusun rencana tindakan asuhan, implementasi secara langsung dari rencana tindakan asuhan, dan evaluasi.

 

Kata kunci: asuhan, hiperemesis gravidarum


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *